Jangan Ragu, Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

  • Bagikan

Supernews.id – Donor darah merupakan salah satu bentuk kepedulian Kita terhadap sesame. Dengan melakukan donor darah, Kita bisa membantu siapapun yang membutuhkan tambahan darah.

Namun, donor darah tak hanya bermanfaat bagi penerimanya saja, donor darah juga memiliki manfaat bagi si pendonor atau penyumbang darah. Manfaat donor darah bagi kesehatan inilah yang menyebabkan kegiatan donor darah sangat dianjurkan bahkan dikampanyekan di berbagai daerah.

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Bagi Pendonor

Donor darah bisa saja diartikan sebagai suatu simbiosis mutualisme. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan manfaat donor arah bagi kesehatan dapat dilihat dari kedua sisi. Orang yang membutuhkan donor darah dapat mendapatkan darah dengan mudah dengan adanya pendonor darah. Dilain sisi, pendonor juga akan mendapatkan manfaat donor arah bagi kesehatan yang tak kalah besarya.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Asma, Cari Tau Gejala Serta Penyebab Munculnya Masalah Ini

Salah satu manfaat donor darah bagi kesehatan yang paling menonjol adalah pembaharuan sel darah dalam tubuh. Saat tubuh kehilangan darah untuk keperluan donor, tubuh akan memproduksi sel darah baru yang lebih sehat. Dengan kata lain, setelah Kita melakukan donor darah, darah dalam tubuh akan memproduksi sel darah baru sebagai pengganti darah yang telah dikeluarkan.

Mekanisme seperti ini berbeda dengan mekanisme pembaruan darah yang keluar akibat kecelakaan atau penyakit karena donor darah dilakukan dengan cara yang sehat, aman, dan terukur. Selain itu, darah dikeluarkan dalam kondisi psikis yang sadar dan tenang.

Manfaat donor darah bagi kesehatan lainnya adalah deteksi penyakit secara berkala. Hal ini dikarenakan saat donor darah, kesehatan darah akan diperiksa. Adapun pemeriksaan yang dilakukan umumnya adalah kadar HB, tekanan darah dan juga adanya penyakit menular. Oleh karena itu, dengan melakukan donor darah secara rutin, secara tak langsung juga melakukan tes kesehatan.

Manfaat donor darah bagi kesehatan bukan hanya itu. Manfaat lainnya adalah membantu menurunkan berat badan, meningkatkan produksi trombosit dan menjaga kesehatan jantung. Jadi, salah besar jika Anda menganggap bahwa donor darah hanyalah kegiatan sosial yang menyebabkan badan lemas, pusing serta pucat.

Jika diitinjau dari segi psikologis, donor darah juga memiliki manfaat yang tak kalah besarnya. Adapun manfaat tersebut adalah menumbuhkan kepedulian social serta pola fikir yang lebih sehat. Hal ini dikarenakan proses donor akan melatih Kita untuk menolong orang yang membutuhkan tanpa memandang siapa orang yang Kita tolong.

Baca Juga: Simak, Inilah Cara Alami Atasi Nyeri Sendi, Arthritis Serta Sakit Lutut

Manfaat donor darah bagi kesehatan seperti yang disebutkan di atas hanya akan Anda dapatkan jika Anda memenuhi kriteria sebagai pendonor. Adapun kriteria tersebut adalah memiliki berat badan cukup, tekanan darah normal, tidak memiliki penyakit menular dan memiliki kadar Hb yang cukup. Dengan ulasan manfaat donor darah bagi kesehatan di atas, kini tak ada alasan lagi bagi Anda untuk takut donor darah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *