Mengenal Penyakit Asma, Cari Tau Gejala Serta Penyebab Munculnya Masalah Ini

  • Bagikan

Supernews.id – Asma merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian organ pernafasan. Penyebab asma sampai saat ini belum diketahui.

Namun penyakit asma sendiri bisa menyerang ketika ada peradangan yang menyerang bagian saluran pernafasan dan akan menyebabkan meningkatnya produksi lendir yang berada pada saluran pernafasan. Jumlah lendir yang meningkat menyebabkan penyempitan pada saluran pernafasan sehingga penderita akan mengalami kesulitan untuk bernafas.

Gejala pada penderita asma rata-rata ditandai dengan nafas yang berbunyi, mengalami sesak nafas, sakit nyeri pada bagian dada, dan juga batuk ringan sampai batuk yang parah. Tiap penderita mengalami gejala yang berbeda-beda. Tapi gejala tersebut perlahan-lahan akan menjadi parah jika tidak segera ditangani.

Baca Juga: Simak, Inilah Cara Alami Atasi Nyeri Sendi, Arthritis Serta Sakit Lutut

Penyakit asma biasanya akan terjadi gejala awal yang berbeda-beda. Penderita bisa mengalami gejala satu persatu atau bahkan mengalami semua gejala sekaligus.

Gejala awal penyakit asma penderita akan merasa terjadi gangguan saat tidur seperti rasa gelisah, penderita akan mengalami gangguan pernafasan dimana akan ada rasa kurang nyaman karena sesak nafas, mengalami batuk, tubuh lelah, sakit pada tenggorokan, pilek, dan semua gejala saat flu.

Asma memiliki beberapa jenis. Tiap jenis juga memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis penyakit asma dengan cara pengobatannya

1. Asma yang dikarenakan Alergi

Debu, jamur, serbuk dari pada bunga, bulu binatang, asap adalah penyebab asma yang berupa alergi. Memang penyakit asma karena alergi ini lebih banyak diderita dibadingkan asam dengan penyebab lain.

Jika kita menghirup penyebab tadi maka akan terjadi batuk, sesak nafas, adanya tekanan yang kuat didalam dada, tempo nafas yang semakin cepat.

Untuk asam yang dikarenakan alergi ini cara pengobatannya dengan melindungi hidung dengan masker, agar hidung tidak menghirup penyebab dari asma tadi.

2. Asma karena batuk

Batuk kering yang tidak berdahak akan menyebabkan bagian organ pernafasan tidak dapat memproduksi lendir. Ini akan menyebabkan saluran pernafasan akan menjadi sesak.

Tanda penyakit asma karena batuk adalah batuk yang tak kunjung sembuh yang sampai sekitar 2 bulan atau lebih, batuk terjadi sepanjang hari, batuk akan menjadi parah jika melakukan kegiatan yang berat.

Jenis asma yang satu ini dapat diobati dengan berbagai jenis obat asma seperti obat semprot albuterol dan juga obat anti infalamsi.

3. Asma karena lingkungan yang kumuh

Lingkungan tempat tinggal kita juga akan member andil terhadap asma. Lingkungan yang terdapat banyak zat kimia khusus akan menyebabkan penyakit asma.

Ada beberapa jenis asma yang disebabkan oleh zat tersebut. Zat allergen banyak ditemukan dilingkungan kita yang menyebabkan asma karena alergi.

Zat penyebab iritasi didalam organ pernafasan yang membuat orang akan ada reaksi asma ketika menghirup asap rokok. Zat kimia yang masuk ke dalam sistem pernafasan juga dapat menyebabkan asma yang lebih banyak diderita oleh karyawan industry bahan kimia.

4. Asma Nocturnal atau Asma malam

Penyakit asma nocturnal ini akan kambuh pada saat malam hari seperti sesak nafas, batuk, nafas menjadi berat, sulit tidur. Walaupun asma nocturnal terjadi pada malam hari, tapi tidak jarang juga akan kambuh pada siang hari. Jenis asma nocturnal atau asma malam ini menjadi penyebab utama orang yang meninggal karena asma.

Baca Juga: 4 Kiat Antisipasi Flu dengan Mudah Dikala Masuk Musim Penghujan

Jenis asma ini memang sulit dikenali karena gejalanya seperti orang yang tidak terkena asma sehingga penderita tidak menyadari jika tengah diserang asma tidak ada obat khusus untuk asam nocturnal, sebaiknnya penderita selalu dekat dengan inhaler atau obat semprot lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *