Simak! Kenali Tanda Awal Jantung Koroner Hanya dalam 10 Detik

  • Bagikan

Supernews.id – Saat ini zaman serba canggih, apa-apa sudah berbau teknologi. Akibatnya, orang cenderung tidak melakukan aktifitas fisik sehingga lemak dalam tubuh menumpuk jika terus dibiarkan, hal seperti ini dapat memicu penyakit jantung terutama jantung koroner. Namun, orang yang memiliki resiko tinggi jantung koroner justru tak tahu tanda awal jantung koroner sehingga penyakit mematikan ini terlambat diatasi.

Adapun tanda awal jantung koroner sebenarnya dapat diketahui dengan mudah melalui tes gula darah, kolesterol dan perhitungan indeks berat badan. Tetapi, pemeriksaan seperti ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan dokter. Oleh karena itu, pada Artikel kali ini akan dibahas mengenai tanda awal jantung koroner yang dapat Anda deteksi sendiri tanpa bantuan dokter.

Cara untuk mendeteksi tanda awal jantung koroner sebernanya sangatlah sederhana, yaitu dengan menghitung detak jantung ketika pagi hari tepat saat bangun tidur. Caranya, letakkan telapak tangan di dada dan hitung beberapa kali jantung berdetak selama satu menit. Detak jantung normal adalah 60 hingga 100 ketukan tiap menitnya.

Selain merasakan denyut jantung, Anda juga dapat mengetahui tanda awal jantung koroner melalui denyut nadi. Caranya sama, yaitu dengan menghitung denyut nadi pada pergelangan tangan sehabis tidur. Dalam satu menit, denyut nadi normal akan menghasilkan 60 hingga 100 kali denyutan.

Baca Juga: Makanan Alami Untuk Menyembuhkan Asam Urat

Nah, jika waktu satu menit Anda rasa cukup lama, makan pengukuran denyut jantung atau nadi cukup dilakukan selama sepuluh detik. Hasil perhitungan ini kemudian dikalikan 6 sehingga didapatkan frekuensi detak jantung atau denyut nadi selama satu menit hanya dengan perhitungan 10 detik. Untuk hasil optimal, jangan lupa menggunakan stopwatch atau lakukan langkah deteksi tanda awal jantung koroner ini sambil menghadap jam dinding.

Jika pada saat bangun tidur ternyata detak jantung atau denyut nadi melebihi 100 kali dalam satu menit, maka Anda harus waspada karena ini merupakan tanda awal jantung koroner. Detak jantung atau denyut nadi yang terlalu cepat semacam ini disebut dengan tachycardia. Hal ini bisa disebabkan oleh gangguan implus syaraf yang bertugas merangsang jantung memompa darah. Penyebab lainnya adalah darah yang terlalu kental karena mengandung banyak gula dan lemak atau busa juga karena adanya plak pada pembuluh darah sehingga jantung harus bekerja lebih keras.

Satu hal yang harus Anda perhatikan jika ingin mengetahui tanda awal jantung koroner melalui tes sederhana ini, yaitu jangan lakukan tes jika Anda bangun tidur dalam kondisi kaget atau tergesa-gesa. Hal ini dikarenakan emosi juga mampu merangsang jantung memompa lebih cepat. Jadi, sebelum tes pastikan Anda dalam kondisi tenang dan belum melakukan aktifitas apapun.

Baca Juga: Makanan Alami Untuk Menyembuhkan Asam Urat

Nah, itulah tadi cara mengetahui tanda awal jantung koroner hanya dengan 10 detik. Kenali tanda jantung koroner lebih awal dan temukan cara pengobatan yang tepat agar tak ada lagi korban akibat serangan jantung mendadak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *